Sunday, May 16, 2021

Mengapa Jarang Bangunan Hotel Memiliki Lantai 13?

Must read

Niasoke.com #MITOS – Ya’ahowu Ono Niha, Mungkin Anda kerap bertanya-tanya mengapa tidak ada tombol 13 dalam lift hotel. Jawabannya sangat sederhana, hal itu karena lantai 13 sengaja dibuat tidak ada. Alasanya, angka 13 selalu identik dengan hal mistis atau kesialan. Oleh karena itu, hampir tak ada bangunan usaha, seperti hotel, yang memiliki lantai 13.

Fobia Takun dengan Angka 13
Fobia Takun dengan Angka 13

Ketakutan berlebih terhadap angka 13 disebut triskaidekaphobia.

Fobia terhadap angka 13 bukanlah semata-mata ketakutan kecil yang membuat orang menghindari keluar di hari Jumat tanggal 13. Tetapi juga sejenis ketakutan yang membuat orang merasa sangat cemas ketika mereka melewati angka “keramat”.

Dari survei Gallup pada 2007 yang dikutip oleh USA Today, disebutkan bahwa 13 persen tamu hotel sangat menghindari berada di lantai 13, walau hal mistis atau kesialan belum tentu menimpa mereka.

Mereka mengaku merasa tidak nyaman dan cemas saat berada di lantai 13, bahkan mereka meminta untuk pindah ke lantai lain.

Melihat hal tersebut, banyak hotel yang mempertimbangkan untuk melewatkan lantai 13 untuk meminimalkan hal-hal yang tidak perlu.

Secara rasional, tentu hotel yang memiliki lantai di atas 12 tentu memiliki lantai 13. Namun untuk menyiasati hal tersebut, umumnya hotel akan menyingkirkan angka 13 dan menamainya dengan angka dan istilah lainnya.

Misal, banyak bangunan di Kota New York yang mengganti angka 13 dengan “12B” atau “14A”. Sebuah survei yang dilakukan oleh CityReality menemukan bahwa dari 629 bangunan kondominium yang terdaftar memiliki 13 lantai atau lebih, hanya 55 bangunan yang benar-benar menamai lantai 13.

Bagi para ahli numerologi, 13 memang dianggap sebagai angka sial di mana letaknya tepat setelah angka 12 yang dikenal dengan angka lengkap. Misalnya saja, dalam satu tahun terdapat 12 bulan, 12 zodiak, 12 dewa Olympus, 12 pekerja Hercules, dan lainnya.

Hingga saat ini, misteri hilangnya lantai 13 di hotel ini masih menjadi mitos belaka. Tidak ada penelitian ilmiah yang menunjukkan kesialan di lantai 13, dan kejadian-kejadian yang pernah terjadi di lantai 13 hotel mungkin hanya kebetulan. Apakah Anda percaya pada malapetaka yang disebabkan oleh angka 13?

Berikan Reaksimu
+1
0

+1
0

+1
0

+1
0

+1
0

+1
0

+1
0

Mungkin Kamu Suka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Kabar Hari Ini