Home Berita Hal Unik Yang Bikin Kamu Penasaran tentang Nias

Hal Unik Yang Bikin Kamu Penasaran tentang Nias

5 min read
0
0
1,139

1. Dimata Turis, Nias itu Lompat Batu
Baik wisatawan domestik maupun manca-negara berbicara tentang “Hombo Batu” atau Lompat Batu mereka pasti bisa menebak bahwa itu adalah Nias. Mengapa? Karena Lompat Batu dan cara melompat seperti ini memang hanya ditemukan di Nias. Kamu mau mencari di berbagai negara pun yakinlah kamu tidak pernah menemukan cara melompat yang persis dengan Lompat Batu.

 

2.  Tempat Surfing yang 11/12 dengan Hawaaii Bro
Namanya  pantai Sorake terletak di Telukdalam, Nias bagian selatan. Walau Bali lebih cetar di mata wisatawan asing tetapi berbicara masalah ombak, Sorake masih berada di atas Bali. Banyak wisatawan lebih memilih tempat surfing terbaik ke dua di dunia ini sebagai tujuan utama wisata mereka. Pantai ini juga sering jadi tuan rumah dalam festival dan lomba surfing internasional.

 

3. Pantai yang Cantik
Beberapa nama pantai yang ada di Nias mulai dari pantai Tureloto, pantai Pasir Merah, pantai Pasir Putih, pantai Pasir Hitam, pantai Pasir Abu-abu, pantai Pasir Berbunyi, Tureloto, Lagundri, Toyolawa, Malaga, Nusa Lima dan lain sebagainya.Pantai di Nias terkenal dengan keindahan warna lautnya dan biota laut yang masih terjaga disana. Sehingga memberikan kesan unik tersendiri buat Anda. Gimana, penasaran kan ?

 

4. Ada Gua Misterius  (Gua Laowomaru)
Gua yang berada di tepi Pantai ini sampai sekarang tidak ada yang bisa menjelaskan secara ilmiah. Menurut cerita rakyat sih dijelaskan bahwa dahulu kala hidup seorang Laowomaru yang kuat dan gagah perkasa yang memiliki visi untuk menghubungkan pulau Nias dengan pulau Sumatera menjadi satu daratan. Visi itu gagal karena anaknya melanggar suatu perjanjian.

 

5. Ternyata, di Nias Ada Burung yang Bisa Berbicara
Anda pasti heran, burung kok bisa bicara sih ?. Di Nias, ada burung yang bisa meniru suara manusia namanya, Burung Beo. Mungkin Anda sering mendengar namanya kan ? Burung Beo ini asalnya dari Nias, sehingga Burung Beo Nias ini menjadi salah satu icon pulau Nias. Eiitss, tapi jangan salah Burung ini termasuk burung yang dilindungi Pemerintah Loh, karena terancam mulai mengalami kepunahan.

 

6. Salah satu Pulau yang Masih Kental Dengan Budaya
Orang Nias masih mempertahankan budaya leluhur, mereka sangat menghargai orang lain terlebih tamu yang berasal dari luar pulau. Jangan kira Yahoo jika mereka menyapa Anda “Ya’ahowu” itulah sapaan khas di sana yang memiliki arti “selamat” atau “semoga terberkati”.

 

7. Nias Tempatnya Cewek-cewek Cantik, Pintar dan Taat Agama
Suku Nias yang tinggal di pulau Nias terkenal dengan wajah oriental khas Mongoloid dan kulit kuning langsatnya memiliki kecantikan alami yang sering disandingkan dengan kemolekan gadis-gadis Dayak. Suku Nias ini memang beda sendiri dengan suku-suku lainnya yang ada di pulau Sumatera, yang konon katanya berasal dari Yunan.

 

8. Pakai Gopek Aja, Anda Sudah Bisa Makan Duren Sepuasnya !
Nias merupakan salah satu daerah penghasil durian. Pada musimnya, durian di jual murah bahkan gratis. Dodol durian juga di kenal dengan makanan khas daerah tercinta ini.

 

9. Satu Suku Tap Dialeknya Beragam
Indonesia memiliki beragam bahasa, terbukti di pulau Nias saja terdapat perbedaan bahasa yang mencolok antara Nias bagian Utara dengan Nias bagian Selatan. Tidak hanya itu, dialek masing-masing kecamatan bahkan masing-masing desa berbeda-beda. Ada dialeknya keras, kental, halus, lembut, pelan dan lainnya. So, Anda jangan heran ketika Anda mendengar dialek yang berbeda-beda ketika kamu ke Nias ya, Coy.

 

Load More Related Articles
Load More By onomatua
Load More In Berita

Baca Juga

Ketika Presiden Jokowi Hampir Keliru Bilang ‘Horas’ di Nias

Presiden Jokowi mengaku dulu hanya mengetahui satu jenis salam ketika berkunjung ke Sumate…