Home Budaya Bahasa NIAS, Bahasa Terunik Di Dunia

Bahasa NIAS, Bahasa Terunik Di Dunia

3 min read
0
1
1,113

Buat kita Ono Niha (Orang Nias) tentunya harus bangga dengan bahasa daerah kita pastinya, karena  “Li Niha” atau bahasa Nias memiliki keunikan tersendiri loh, yang tidak dimiliki oleh daerah atau negara lain di Dunia. Berikut ada beberapa keunikan Li Niha dibandingkan dengan bahasa lain pada umumnya.

  • Bahasa Nias atau Li Niha tidak mengenal konsonan penutup dalam setiap kosa kata, jadi setiap kata diakhiri dengan vocal. Ini adalah keunikan pertama yang paling menonjol daripada bahasa-bahasa lain di dunia. Semua kata selalu berakhiran huruf vokal (‘a, e, i, o, ö, u’). Contohnya: tenga (jangan), hadia (apa), talifusö (saudara), manunö (nyanyi), areu (malas), ba tanö bö’ö nia (dan lain-lain)
  • Menggunakan penambahan Vocal yaitu Ő, jadi huruf Nias memiliki 7 vocal: a, e, i, o, ö, u. Huruf ö ini dibaca dengan “e” seperti dalam penyebutan “enam” dan “pepaya” .
  • Abjad dalam bahasa Nias berbeda dengan abjad dalam bahasa Indonesia, di mana ada yang dikurangi (tidak dipakai) dari abjad bahasa Indonesia dan ada yang ditambahkan abjad unik (karakter khusus) dalam bahasa Nias yang pengucapannya tidak terdapat di dalam abjad bahasa Indonesia. Huruf yang tidak ada dalam abjad bahasa Indonesia ( ő, ŵ) dan yang tidak dipakai di bahasa Nias dari abjad bahasa indonesia seperti (c, j, q, v, x,)
  • Dalam setiap kosa kata banyak terdapat gabungan huruf konsonan 1-3 konsonan. contohnya: Ndra’aga (kami), khala-khala (rupa).
  • Penulisan kata atau kalimat dalam bahasa Nias memiliki aturan tersendiri loh. Dalam penulisan kata yang terdapat huruf double harus menggunakan tanda pemisah () contoh  : Ga’a,
  • Semua kata dalam bahasa Nias selalu ditutup oleh huruf vokal (‘a, e, i, o,  ö, u’)

Keluarga Nias Zaman Dulu
 Sumber: tropenmuseum (Belanda)

Sebagai Ono Niha, Kita berkewajiban menjaga kelestarian Bahasa Daerah Nias, meskipun bahasa Nias masih belum diketahui persis asal-usulnya.
Boi hulö harita, olifu ia gulinia (Jangan seperti kacang lupa akan kulitnya).- Amaedola Nias.
Ya’ahowu !!

Load More Related Articles
Load More By onomatua
Load More In Budaya

Baca Juga

Ketika Presiden Jokowi Hampir Keliru Bilang ‘Horas’ di Nias

Presiden Jokowi mengaku dulu hanya mengetahui satu jenis salam ketika berkunjung ke Sumate…