Home Huohuo 6 Tips Sukses Berbicara di depan Umum

6 Tips Sukses Berbicara di depan Umum

4 min read
0
0
90
tips-berbicara-didepan-publik-niasoke.com

Niasoke.com – Ketika kamu berdiri dan mulai berbicara di dalam suatu ruangan yang dengan lima atau ratusan orang pendengar, dan kamu ingin menyampaikan pesan kamu secara efektif dan percaya diri, kamu bisa menerapkan tips berbicara di depan umum yang keren ini berikut ini. Jangan berkecil hati karena takut berbicara di depan umum ataupun merasa malu. Ingatlah bahwa suksesnya berbicara di depan umum adalah keterampilan yang didasarkan pada pembelajaran serta mempraktikkan teknik dasar berbicara di depan umum yang di lakukan terus-menerus sehingga menjadi terbiasa.

1. Siapkan Kata Pembuka
Kata pembuka harus menarik perhatian penonton. Kamu bisa menunjukkan statistik yang menakjubkan, mengajukan pertanyaan atau memulai sebuah kutipan dari orang yang sangat populer. Kamu juga bisa membuat gambar visual atau menceritakan sebuah cerita. Kamu harus menghindari ungkapan seperti “Hari ini saya akan membahas … hmmm..” dalam presentasi kamu karena akan membosankan.

2. Kontak Mata Langsung
Jangan hanya berbicara dengan pandangan hanya lurus ke depan. Berbicara langsung kepada masing-masing penonton dengan melakukan kontak mata dengan semua orang di dalam ruangan dan berikan beberapa kata saat kamu menatap salah satu peserta dan kemudian gerakkan pandang kamu ke yang lain. Jadi, bicaralah dengan masing-masing penonton dengan memperhatikan satu persatu.

3. Seringlah Tersenyum
Kamu harus membuat seluruh penonton senyaman mungkin, jadi kamu harus tersenyum. Senyum saat kamu memulai presentasi. Senyum saat kamu telah menyampaikan sebuah fakta penting. Kamu harus tersenyum saat penonton mengajukan pertanyaan. Ingat senyum menular loh.

4. Jadilah Lebih Percaya Diri
Segala sesuatunya harus kamu persiapkan. Bagaimanapun, kamu jangan sakit hati ketika pendengar tidak memperhatikan kamu. Jangan khawatir tentang kesalahan kecil yang terjadi, teruskan saja. Sebisa mungkin, jangan mengungkapkan penyesalan atas setiap kesalahan dan terlalu menekankan kesalahannya. Semua manusia tidak ada yang sempurna.

5. Gunakan kata-kata yang mudah di pahami
Buat pidato dalam bahasa yang mudah di pahami ataupun di mengerti oleh audiens. Kadang jika suatu kata yang tidak di mengerti akan membuat audiens bingung dengan apa yang kamu sampaikan. Biasakan untuk bertanya kepada audiens apakah sudah mengerti dengan materi yang disampaikan.

6. Gunakan Intonasi Suara
Kamu dapat menggunakan suara kamu untuk tetap menarik perhatian, misalnya saat menekankan point yang penting dari presentasi kamu. Turunkan suara kamu untuk membuat poin penting. Percepat suara kamu saat menjelaskan atau menjelaskan suatu proses.

Jika kamu ingin menjadi pembicara didepan publik yang profesional dan hebat, kamu harus mempelajari dan menerapkan tips diatas saat berbicara di depan umum. Dengan melakukan tips ini, kamu akan merasa lebih percaya diri sebagai pembicara publik dan pendengar kamu akan tercengang dengan presentasi kamu.

 

Load More Related Articles
Load More By ononiha
  • 7 Hal Unik Ini Cuma Ada di Pulau Nias

    Niasoke.com – Mendengar Pulau Nias dalam pikiran kita pasti terbesit wisata Lompat B…
  • nias-barat

    Nias Ku Sayang, Nias Barat Ku, Malang?

    Nias Barat, April 2016 Syahdan, tersebut-lah sebuah pulau nan indah rupawan. “Bersembunyi”…
Load More In Huohuo

Baca Juga

Kisah “Awuwukha” si Pemburu Kepala Manusia Dari Pulau Nias

Niasoke.com – Pulau Nias memang menyimpan berjuta pesona keindahan alam, dan juga ce…