Home Berita Mengenali istilah Unicorn

Mengenali istilah Unicorn

1 min read
0
0
159

Akhir-akhir ini di media sosial banyak sekali yang membahas Unicorn. Usut punya usut hal ini disebabkan Acara Debat Capres yang diadakan pada hari Minggu 17 Februari 2019. Pada saat itu Calon Presiden nomor urut satu Presiden Jokowi menanyakan kepada Calon Presiden nomor urut dua Prabowo Subianto tentang pembangunan infrastruktur pendukung perkembangan starup di Indonesia. “Infrastruktur apa yang akan Bapak bangun untuk mendukung perkembangan unicorn Indonesia ?”, tanya jokowi. Capres 02 pun tampak kebingungan dan menjawab “Yang Bapak maksud unicorn? Maksudnya yang online-online itu, iya kan?.

Nah, itulah penyebab kenapa Unicorn ini ramai dibahas pada media sosial khususnya twitter. Pengertian Unicorn ialah perusahaan startup yang memiliki valuasi senial $1 Miliar dollar Amerika atau sekitar 14,1 triliun rupiah atau lebih. Di dalam dunia startup istilah unicorn dipakai untuk mengukur tingkat kesuksesan dari sebuah startup.

Dikutip dari CB Insights, jumlah unicorn saat ini mencapai 325 perusahaan dengan nilai valuasi kumulatif mencapai USD 1.074 Miliar. Jumlah ini terus meningkat setiap tahunnya. Di Indonesia sudah ada empat strartup yang menyabet gelar Unicorn yaitu Go-Jek dengan valuasi USD 10 Miliar , Tokopedia dengan valuasi USD 7 Miliar, Traveloka USD 2 Miliar dan Bukalapak USD 1 Miliar.

Load More Related Articles
Load More By ononiha
Load More In Berita

Baca Juga

Mengenal Sikap dan Perilaku Masyarakat Nias

Indonesia memiliki banyak suku yaitu sekitar 1.340 suku bangsa menurut data BPS tahun 2010…